STRATEGIC ISSUES IN THE
BUSNESS PROCESS AND INFORMATION MANAGEMENT
Al Fauzi Rahmat*
International program of governmental
studies, faculty of social and political sciences, universitas muhammadiyah
yogyakarta
Tahun 2016
Isu
strategis adalah kondisi atau hal yang harus diperhatikan atau dikedepankan
dalam perencanaan pembangunan (baik
berupa bisnis proses maupun informasi manajemen) karena dampaknya yang
signifikan bagi (daerah/masyarakat) dimasa datang.
Kemudian,
bagaimana dengan strategi isu dalam konteks proses bisnis, menurut beberapa
buku dan literasi sejenisnya,. Strategi isu dalam proses bisnis adalah
bagaimana strategi membawa kepada isu penting tentang bagaimana cara mencapai
target hasil sesuai dengan situasi suatu organisasi dan prospeknya, jadi tujuan
akhir dari strategi isu dalam proses bisnis ini adalah “hasil akhirnya” dan
strateginya adalah “alat” untuk mencapainya.
Mengenai
strategi isu dalam proses bisnis terdapat beberapa strategi bisnis yang harus
diketahui dalam pelaksanaannya, berisi 5 tahapan kunci yang saling berhubungan,
yaitu:
1. Membentuk
visi strategi mengenai kemana organisasi akan bergerak
2. Menetapkan
tujuan – mengubah pandangan strategis menjadi hasil kinerja spesifik yang harus
dicapai oleh perusahaan
3. Menuruskan
pilihan strategi untuk mencapai hasil yang diinginkan.
4. Melaksanakan
dan mengeksekusi strategi yang dipilih secara efisien dan efektif
5. Mengevaluasi
efektifitas dan dampaknya terhadap kinerja bisnis
Adapun
penjelasan dari strategi isu dalam bisnis yang dipaparkan diatas adalah sebagai
berikut:
1. Pengembangan Visi, dalam
mengembangkan visi strategi dalam bisnis, harus dapat merefleksikan aspirasi
manajemen mengenai arah masa depan organisasinya, dan juga memberikan gambaran
secara rinci mengenai “kemana kami akan pergi”. Visi ini menerangkan tujuan
perusahaan jangka panjang dan membentuk identitas organisasi,
2. Menetapkan tujuan strategis,
maksud dari menetapkan tujuan adalah untuk mengkonversi pertanyaan visi dan
misi managerial menjadi target kinerja spesifik – hasil keluaran yang ingin
dicapai organisasi. Menentukan tujuan dan mengukur apakah mereka telah
mencapainya atau belum dapat membantu manajer untuk mengikuti perkembangan
organisasi.
3. Merumuskan strategi dalam bisnis,
dalam merumuskan tersebut, strategi perusahaan mempresentasikan jawaban
manajemen terhadap sejumlah pertanyaan bisnis seperti: a) apakah akan
berkonsentrasi dalam satu bisnis atau membangun kelompok bisnis yang benareka
ragam, b) apakah ingin menjangkau konsumen yang lebih luas atau fokus pada
pasar yang sempit, c) apakah mengembangkan jalur produk yang luas atau
spesifik, atau d) mengejar keuntungan kompetitif bedasarkan pada rendahnya
biaya superioritas produk atau kemampuan organisasi yang unik
4. Eksekusi strategi, visi
dan strategi tak akan ada artinya apa-apa tanpa bisa dieksekusi secara tuntas
dan optimal, untuk membantu agar strategi dapat
diimplementasi dengan baik, dibutuhkan sejumlah hal, antara lain; pada
semua level muncul pemempin yang kuat dan beroreantasi pada tingkatan (action
orientation leadership), kapabilitas organisasi yang adaptif, dan juga
ketertarikan antara strategi dan kebijakn remunerasi para karyawan, selain itu,
keberhasilan strategi dalam proses bisnis juga akan ditopang oleh dukungan
sstem IT yang kuat dan juga adanya keterkaitan alokasi anggaran dengan strategi
5. Evaluasi
straateg bisnis, proses pelaksanaan strategis harus dievaluasi secara
reguler. Dalam fase ini dapat dilihat apakah segalanya suah berjalan dengan
baik, dan elemen apa saja yang belum sempurna pelaksanaannya dan meleset dari
target yang telah ditetapkan. Pada elemen ini , perlu segera dilakukan tindakan
korektof (coorective action and responses) agar arah dan pelaksanaan strategi
dapat berjalan sesuai dengan rencana.
Itulah
beberapa strategi isu dalam bisnis proses yang dapat kami jelaskan, baik dari
visi strategi, tujuan strategi, rumusan strategi, eksekusi dan terakhir
evaluasi, dari ke 5 penjelasan diatas, dapat dilihat bagan dibawah ini,.
Beberapa tahapan yang harus dilalui dalam proses bisnis, diantaranya:
|
|
|
|
Setelah
mempelajari Strategi isu dalam bisnis ekonomi. Kemudian selanjutnya penulis
akan memberikan penjelasan tentang strategi isu dalam informasi manajemen.
Dalam strategi isu manajemen informasi suatu objek (organisasi) harus
mengumpulkan dan mengevaluasi suatu informasi, baik dari informasi internal
maupun informasi eksternal, yang secara efektif memiliki keunggulan kompetitif
atas perusahaan lain.
Dalam
informasi manajemen yang efektif menjadi prasyarat untuk masa yang akan datang.
informasi yang baik memungkinkan suatu perusahaan untuk menekan biaya. Namun,
faktanya, untuk setiap strategi yang telah direncanakan, implementasi yang baik
atas strategi tersebut hanya menghasilkan keberhasilan sekitar 10% atau kurang.
Hal ini dikarenakan kegagalan dalam melakukan segmentasi informasi yang baik.
Berikut
ini isu strategi dalam manajemen informasi:
1. Pengembangan
Visi, misi dan tujuan,
2. Mengidentifikasi
peluang dan ancama dari luar
3. mengidentifikasi
kekuatan dan kelemahan organisasi
Berikit
bagan yang dapat penulis gambarkan dan penjelasan dari bagan tersebut:
|
|
|
1. Pengembangan Visi, Misi dan Tujuan, merupakan
tahapan pertama dalam perencanaan strategi dalam manajemen informasi, dalam
visi maupun misi inilah yang menggambarkan tujuan dan arah strategi suatu
organisasi untuk kedepannya.
2.
Mengidentifikasi
peluang dan ancama dari luar, dalam strategi ini,
organisasi harus mengetahui situasi dan
peluang diluar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi
dimasa depan, serta situasi ancaman bagi organisasi yang datang dari luar
organisasi dan dapat mengancam eksitensi suatu organisasi.
3. mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan
organisasi, strategi yang terakhir ini adalah bagaimana
suatu organisasi mengetahui suatu kondisi yang merupakan kekuatan dari
organisasi, dan tentunya dalam strategi manajemen informasi harus mengetahui
kelemahan dari organisasi tersebut.
Dari
ketiga strategi diatas dapat disimpulkan bahwa, strategi dalam manajemen informasi
harus mengetahui arah dan tujuan untuk mencapai yang diinginkan suatu
organisasi, dalam strategi manajemen informasi ini juga harus mengetahui
analisis bisnis yang dapat digunakan dalam strategi tersebut, termasuk analisis
SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman). Hal ini digunakan agar organisasi
tersebut dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
___________________________________________________________
REFERENSI :
_____, Isu Strategi Dan Rencana Aksi
Daerah Analisi Isu Isu Daerah.Dikutip pada, http://www.bukittinggikota.go.id/upload/BAB%207%20%20IsuStrategi%20dan%20kaji%20ulang%20kebijakan%20ok.pdf (18.52. 16/10/2016)
Antariksa, Yodhia. 2009. 5 Tahapan
Dalam Menyusus Strategi Bisnis, dikutip pada:rajapresentasi.com/2009/04/5-tahapan-dalam-menyusun-strategi-bisnis
(18.59. 16/10/2016)
McLeod Jr, Raymond and George P.
Scheli. “Sistem Informasi Manajemen”. Edisi ke 7, Jakarta, PT. Prenhallindo
2001. Dikutip pada laman : academia.edu
(19.03. 16/10/2016)
No comments:
Post a Comment