Tuesday, April 18, 2017

KONTRIBUSI MUHAMMADIYAH BAGI BANGSA INDONESIA

http://blitar.muhammadiyah.or.id/muhfile/blitar/foto/foto%20kegiatan/logo/logo%20muhammadiyah.jpg



ESSAY
KONTRIBUSI MUHAMMADIYAH BAGI BANGSA INDONESIA
Al Fauzi Rahmat
Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial Dan
Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.


Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar dan tertua di Indonesia yang telah mengambil peran sebagai oraganisasi Islam yang berkemajuan, dengan gerakan modernisasi yang dilakukannya, Muhammadiyah telah banyak mengadakan pembaharuan dalam segala aspek kehidupan. baik itu kehidupan beragama berbangsa dan bernegara. Pada aspek kehidupan beragama, Muhammadiyah sejak awal kelahirannya telah meluruskan arah kiblat sholat umat Islam, kemudian pada aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, kiprah Muhammadiyah sudah tidak diragukan lagi.
Berbagai kontribusi yang dilakukan oleh organisasi ini telah banyak dirasakan oleh bangsa Indonesia, beberapa majelis dan lembaganya telah memberikan bantuan kepada masyarakat, contohnya pada majelis pemberdayaan masyarakat, pada majelis ini banyak sekali melakukan gerakan program-program seperti memperdayakan masyarakat di lingkungan komunitas petani, buruh, nelayan dan lain-lain dalam memberikan modal usaha terhadap mereka yang kurang mampu dalam hal financial. Sama halnya dengan majelis-majelis lainnya juga dalam memberikan kontribusi ke masyarakat sekitar. Hal ini bertujuan agar terciptannya kehidupan sosial ekonomi umat yang berkualitas sebagai benteng atas problem kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan pada masyarakat bawah. Selain kontribusi yang dilakukan oleh majelis, adapun lembaga dari muhammadiyah juga yang melakukan hal yang sama untuk kesejahteraan umat, lembaga penanggulangan bencana, dimana lembaga ini bertujuan untuk membantu berbagai hal kejadian bencana yang ada di Indonesia dan turut turun tangan atas hal ini dalam memberikan bantuan seperti, obat-obatan, sembako, pakaian, dan lain-lain. Selain dari itu juga terdapat lembaga hubungan dan kerjasama internasional, lembaga ini mempunyai tugas yaitu mengembangkan kerjasama yang harmonis yang saling menguntungkan dengan berbagai instansi, baik pemerintah, maupun swasta dan baik nasional maupun internasional.
Dari beberapa penjelasan diatas sudah pasti oganisasi muhammadiyah telah berkontribusi dalam membangun dan menciptakan masyarakat yang lebih mandiri, program-program muhammadiyah telah begitu banyak membantu masyarakat Indonesia.  Selain kontribusi dalam hal pengabdian kepada masyarakat, organisasi muhammadiyah pun selalu memberikan pelayanan yang baik dalam hal pendidikan, dimana banyak yang mengetahui muhammadiyah memiliki beberapa instansi seperti SD Muhammadiyah, SMP Muhammadiyah, SMA Muhammadiyah, Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Hal ini juga Muhammadiyah memberikan beasiswa kepada siswa/ mahasiswa yang berprestasi baik dari kalangan tidak mampu sampai kalangan yang mampu. Dengan demikian dapat dikatakan organisasi muhammadiyah juga memberikan pelayanannya dalam hal pendidikan serta kontribusinya kepada bangsa Indonesia. Selain itu, organisasi muhamadiyah memiliki beberapa organisasi otonom dalam mewadahi masyarakat dalam membentuk kepribadiannya lebih kuat sebagai anak bangsa Indonesia yang dapat berpikir kritis untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi. Beberapa organisasi otonom yang dimiliki oleh muhammadiyah yaitu; Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiyatul Aisyiyah Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Hizbul Wathan. Beberapa organisasi otonom ini bertujuan agar kader-kader muhammadiyah dapat mandiri dalam segala hal terkait kehidupan dan mengurus rumah tangganya sendiri, terkait dengan kontribusi untuk bangsa indonesia, organisasi otonom ini telah begitu banyak memberikan kontribusinya kepada masyarakat, baik dalama hal pendidikan, sosial dan lain-lain.
Demikian beberapa kontribusi yang dapat dilakukan oleh organisasi muhammadiyah untuk bangsa Indonesia, diharapkan masyarakat Indonesia kedepannya selalu maju dan terus berkarya untuk Indonesia yang lebih baik. Kerena pada kenyataannya pemuda bangsa Indonesia sekarang adalah mencerminkan bangsa Indonesia untuk kedepannya.

No comments:

Post a Comment