Friday, May 12, 2017

Al Fauzi Rahmat : A delayed dream "Persiapan Berkas for Student Exchange" Kuliah Ke Luar Negeri


Hallo guys!

Sudah lama gk nulis lagi nih, rasanya ingin berbagi sesuatu sama kalian. Ketemu lagi sama saya Al Fauzi Rahmat yang biasa disapa Alfar/Fauzi. Kali ini saya akan berbagi cerita saya selama 1 bulan belakangan tentang persiapan berkas untuk kuliah keluar negeri (Student Exchange).

Pada awalnya saya hanya bermimpi untuk kuliah keluar negeri dan merasa tidak mungkin terjadi dalam hidup saya. Namun, saya merasa berterimakasih sebesar-besarnya untuk jurusan saya International program of government affair and administration (Jurusan Ilmu Pemerintahan internasional dan urusan administrasi) yang memberikan kesempatan untuk mahasiswanya kuliah keluar negeri selama 1 semester bahkan ada yang 1 tahun untuk double degree. 

Ada beberapa berkas yang saya harus lengkapi dalam program student exchange kali ini, diantaranya: Transkip Nilai, Curriculum Vitae, Motivation Letter, Passport, Toefl score, semunya harus dilengkapi dan disubmit sebelum batas pengumpulan. Saat itu saya memilih 1 kampus yang bekerjasama dengan jurusan saya yaitu Khon Kaen University, Thailand. Ada beberapa alasan mendasar kenapa saya memilih kampus tersebut diantaranya kampus ini masuk dalam the best 5 campus in Thailand dan disana saya akan mengambil jurusan ilmu administrasi karena hal tersebut memiliki hubungan atau keterkaitan dengan jurusan yang saya ambil di universitas asal. Dan juga disana banyak yang bilang destinasi wisatanya keren-keren loh hehe. Mungkin itu beberapa alasan saya kenapa saya memilih Khon Khaen University. 

Selanjutnya saya membuat Curriculum Vitae (Riwayat Hidup), didalam lembaran ini saya mencantumkan identitas saya beserta foto terbaru yang formal ya hehehe, background pendidikan, organisasi yang diikuti, kegiatan-kegiatan selama kuliah, prestasi, dan kemampuan dalam berbahasa (inggris). Kalau bisa semua yang ditulis asli dan tidak rekayasa dan dibuktikan dengan sertifitas/piagam/SK/foto, dll. Kemudian saya melanjutkan membuat motivation letter (surat motivasi) didalam surat ini kita jangan terlalu berlebihan dalam membuat dan menuliskan beberapa prestasi yang tidak penting seperti juara makan kerupuk hehehe. Saat saya membuat motivasi, saya menulis 3 paragraf saja dan hanya 1 lembar dan tidak berlebihan. Pertama saya perkenalkan nama, asal, jurusan, dan ketertarikan dalam mensubmit berkas. Paragram kedua saya mencantumkan kampus dan jurusan tujuan yang saya inginkan beserta alasan kenapa saya memilih itu dan juga saya membuat alasan beberapa kegiatan yang dilakukan dikampus tujuan seperti (selain dikelas saya akan berganbung di PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia)) dll. Selanjutnya diparagraf akhir saya menulis kesungguhan saya dalam program student exchange ini dan berjanji akan membawa nama baik kampus asal. 

Dari beberapa berkas tersebut saya print bersama berkas lain seperti passport dan Toefl score dan memasukan kedalam map. Selanjutnya di submit deh ke office jurusan tinggal nunggu jadwal panggilan untuk ikut wawancara.
Tibalah hari H wawancara, dan disitu saya merasa deg-degan haha :) :). Dan saya merasa yakin dan lolos untuk program exchange student ini. Saat nama saya dipanggil didalam ruangan saya pun masuk dan dipersilahkan duduk. Ada beberapa poin pertanyaan yang harus dijawab dari pewawancara seperti introduction yourself, where you go dan what ur reason for it. Dan sayapun menjawabnya dengan cepat dan tegang karena baru pertama wawancara student exchange hahaha. Mungkin saya gk bakal cerita lebih lanjut bagaimana perasaan saya saat wawancara hehehe.

Selanjutnya setelah wawancara saya menunggu dan akan dikabarkan oleh office hasilnya 2 sampai 3 hari kedepan,
.
.
.
.
.
.
Alhamdulillah, Allah berkata lain :) :) senyumin saja. hahaha
.
.
biarpun sedikit kecewa tapi masih berbangga diri lah ya hehehe, ternyata saya masuk dalam daftar waiting list for next semester diberangkat untuk semester berikutnya dan saya tidak lolos untuk tujuan Khon Khaen University, Thailand yang awalnya adalah cita-cita saya untuk menginjak dan mencicipi belajar di kampus tersebut. Namun, saya sedikit berbangga lah ya hehehe saya masih bisa student exchange untuk semester berikutnya ke Thailand juga sih wkwk tapi di kampus yang berbeda yaitu Maejo University, Thailand. Kampus tersebut bisa disebut kampus the best patner with my major hahaha. Dan saya tidak kecewa 100% ya paling kecewa hanya 20% lah karena tidak lolos untuk semester ini. Selanjutnya saya masih mempersiapkan toefl score yang masih kurang dari harapan dan juga mengasah lagi bahasa inggris untuk bisa bertahan hidup di negeri orang. Wkwkwk.
Sekarang saya menunggu untuk beberapa bulan kedepan dan mempersiapkan semuanya  for -> go to Thailand men. tunggu akuMerah Putih di Negeri Gajah Putih

Yang masih kepo dengan hal-hal terkait saya bisa langsung chat melalui :
FB : Al Fauzi Rahmat / Instagram : @alfauzirahmat

Terimakasih telah membaca  maaf tulisannya sedikit alay.

No comments:

Post a Comment